Pengertian Kemasan Ramah Lingkungan dan Contohnya

Pengertian Kemasan Ramah Lingkungan dan Contohnya

Dalam rangka mendukung Go Green, pemerintah mencanangkan pemakaian kemasan ramah lingkungan. Dengan kemasan ini lingkungan tidak lagi tercemari karena limbah yang tidak bisa diurai oleh tanah. Sekarang banyak bermunculan produk ramah lingkungan. Di indonesia pemakaian plastik pun sudah mulai dibatasi. Contohnya ritel seperti Alfamart sudah mewajibkan beli plastik jika belanja di sana.

Artinya tindakan ini menekan konsumen agar berpikir ulang memakai plastik. Solusinya menggunakan kantong yang ramah lingkungan juga. Nah, isu ini memang menjadi topik penting. Tapi apa sebenarnya urgensinya dan apa saja contohnya?

Pengertian Kemasan Ramah Lingkungan

Pengertiannya adalah kemasan yang mudah diurai oleh tanah atau yang bisa didaur ulang. Sehingga tidak menimbulkan bahaya jangka panjang akibat menumpuknya produk tidak ramah tersebut. Plastik adalah salah satunya. Dia tidak mudah hancur oleh tanah. Karena inilah dia dikategorikan produk berbahaya.

Contoh Kemasan Ramah Lingkungan

Ada banyak kemasan ramah lingkungan dijual di pasaran. Sebaiknya mulai sekarang berpindah ke kemasan tersebut untuk mendukung pengurangan pemanasan global. Cek yuk!

  1. Food Container

Ini memang plastik bahannya. Tapi dia lebih ramah lingkungan karena bisa dimanfaatkan untuk tempat makanan lainnya. Sebagai contoh thinwall. Ketika Anda beli makanan menggunakan ini, bisa dipakai untuk tempat bumbu atau semisalnya.

  1. Karton box

Bisa terurai oleh tanah. Dia juga bisa dijadikan tempat hantaran keluarga atau lainnya. Meski menarik namun harganya cukup mahal.

  1. Biofoam

Mirip stereofoam. Tapi terbuat dari pati. Sudah mulai dijual di Indonesia. Dia bisa diurai tanah juga, menariknya lagi harga jualnya murah meriah. Sayangnya produksinya belum banyak dan belum tersebar di seluruh dunia.

  1. Tas Kain

Tas ini sedang marak. Keren dan modis sekali. Bisa dipakai berulangkali untuk belanja. Memiliki ini banyak sekali manfaatnya, baik untuk keseharian atau jangka panjang. Sekarang banyak yang memproduksinya dan dijual bebas.

  1. Plastik Kasava

Plastik ini kabarnya bisa dimakan karena terbuat dari singkong. Keren, kan? eren banget. Teknologi ini sangat cocok dipakai dalam jangka panjang. Serta ramah lingkungan banget. Harganya agak mahalan sedikit dari plastik biasa.

  1. Kardus

Kardus termasuk kemasan ramah lingkungan. Dia bisa diurai oleh tanah dan bisa dipakai berulang kali selama tidak kena air atau lembab saja.

Dengan menggunakan kemasan ramah lingkungan, berarti mendukung pemerintah dalam upaya Go Green. Nah, semua kemasan di atas hanya mewakili. Masih banyak kemasan ramah lingkungan yang bisa dipakai.

Apa kesimpulan Anda kali ini? Ramah lingkungan berarti mengurangi pemanasan global. Kalau kemasan bisa justru menambah pemanasan global. Sekian informasi ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada kesempatan lain.