Manfaat banyak minum air putih untuk tubuh

Manfaat banyak minum air putih untuk tubuh

Manfaat banyak minum air putih bukan sekadar penghilang haus. Kebutuhan tubuh akan cairan sangatlah besar. Karena cairan membantu kerja organ secara penuh. Contohnya ginjal, dia akan bekerja maksimal menyaring racun dari makanan ketika kebutuhan air putih terpenuhi.

Orang yang it ginjal, biasanya karena kurangnya air putih. Ini bisa dibuktikan secara medis. Nah, makanya kebutuhan air putih harian harus terpenuhi dengan baik. Agar tidak sakit. Lalu berapa sebenarnya kebutuhan air putih harian? Berbeda-beda. Anak usia 0-12 tahun dengan anak usia 13-16 tahun beda. Begitu juga dengan orang dewasa.

Takaran Kebutuhan air putih

Cairan menempati 50% komponen tubuh. Sehingga kalau tidak terpenuhi tubuh akan mengalami guncangan. Guncanganini akan berakibat penyakit. Idealnya seorang lelaki dewasa minum 8 gelas pehari. Agar cairan tubuh terjaga dan stabil.

Dikutip dari laman IDAI (Ikatan dokter Anak Indonesia) berikut takaran kebutuhan air putih untuk anak.

  • 0-6 bulan kebutuhan air 700ml/hari
  • 7-12 bulan kebutuhan air 800ml/hari
  • 1 – 3 tahun kebutuhan air 1300 mL/hari
  • 4 – 8 tahun kebutuhan air 1700 mL/hari
  • 9 – 13 tahun kebutuhan air 2400 mL/hari anak laki – laki dan 2100 mL/hari pada perempuan
  • 14 – 18 tahun kebutuhan 3300 mL/hari (laki – laki) dan 2300 mL/hari untuk perempuan
  • Minimal 2 liter untuk lelaki dewasa atau mulai usia 19 tahun

Manfaat Air Putih untuk Tubuh

Ada banyak manfata air putih untuk tubuh. Jika rutin minum, akan dapat manfaat sebagai berikut.

  1. Meningkatkan Tenaga Saat Olahraga

Ketika olahraga setidaknya cairan keluar 2%. Jika tidak ditambah tentu performa olahraga berkurang. Menurut para ilmuwan.

Ketika sedang joging atau angkat beban, siapkan air putih. Minum perlahan setiap sesi istirahat. Agar lambung tidak goncang.

  1. Diet

Sedang diet? Coba asupan air putih dicukupi. Air putih terbukti mengontrol bahkan bisa menurunkan berat badan. Karena itu, cukup kebutuhan air putih harianmu.

Ketika diet, air putih justru sebaiknya diperbanyak. Jangan kurang, karena dia bisa membantu pencernaan mengolah makanan. Kalau pencernaan lancar dan sehat diet pasti semangat.

  1. Mencegah Rusaknya Ginjal

Salah satu unsur utama kerja ginjal adalah air putih. Air putih semacam pelumas untuk ginjal menyaring racun. Jika air putih kurang, ginjal berat memompa. Akibatnya semua racun menumpuk, akan terbentuk juga kristal bahkan batu ginjal. Nah, kalau tidak ditangani segera ginjal bisa rusak.

  1. Sistem Pernapasan

Jika ingin sehat minimal 2 liter perhari. Dehidrasi membawa dampak serius pada pernapasan, karena itu cukupi air putih. Ini kunci utama agar tidak terserang ISPA.

  1. Tekanan Darah

Percaya tidak kalau air putih bisa mengontrol tekanan darah? Jika Anda tensinya cenderung tinggi, coba konsumsi air putih diperbaiki.

Nah, demikian informasi yang bisa diberikan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang.