Cara Praktis Menjaga Imun Tubuh Anak Di tengah Pandemi Korona

Cara Praktis Menjaga Imun Tubuh Anak Di tengah Pandemi Korona

Cara menjaga imun tubuh anak di kala pandemi sebenarnya mudah saja, bunda. Karena sebenarya banyak tutorial di internet. Namun jika bunda ingin mencari cara terbaik dan praktis akan lebih baik ikuti ulasan di bawah ini.

Menjaga sistem imun hanya soal kebiasaan saja. Misal, bunda suka memberikan makanan cepat saji pada anak, ini tidak baik. Namun coba biasakan beri buah, sayuran atau Yoghurt untuk ngemil ini akan jadi cara terbaik untuk persoalan imun anak.

Jenis-Jenis Sistem Imun

Sebelum mengulas lebih jauh, akan kita pelajari enis dari sistem imun tersebut. Ada empat jenis yang harus bunda pahami. Mari kita simak.

  1. Sistem Imun Imunisasi

Ini didapat lewat vaksin. Misalnya vaksin korona, maka kita dapat sistem imun yang akan aktif melawan infeksi virus korona. Ini sangat dianjurkan juga untuk diberikan pada bayi.

  1. Imun Bawaan

Ini adalah bawaan lahir. Sebagian orang ada imun lemah ada yang kuat. Ngga bisa diprediksi, untuk itu, harus ada yang namanya imunisasi. Karena dengan imunisasi ini seorang anak bisa dapat kekebalan tubuh tambahan. Terutama bagi yang imun bawaannya lemah.

  1. Imun adaptif

Sesuai namanya, dia akan beradaptasi dengan kondisi. Contohnya ketika seseorang terserang korona, kemungkinan besar dia tidak akan kena lagi dalam rentang waktu yang tidak diperkirakan. Karena imun dalam tubuh sudah beradaptasi.

  1. Imun pinjaman

Bukan Cuma duit saja ya, yang bisa dipinjam. Melainkan imun juga bisa. Lalu bagaimana kronologinya?  Seorang anak dapat imun dari orang tua lewat ASI yang ia minum.

Cara Menjaga Sistem Imun Anak

Secara umum sistem imun bisa dijaga dengan pola makan, pemenuhan gizi seimbang, istirahat teratur. Nah, apa saja contohnya? Mari kita simak.

  1. Tidur teratur

Anak sangat susah untuk diajak tidur teratur. Namun ancamannya adalah sistem imun anak. Sehingga ketika sistem imun lemah anak akan mudah terserang penyakit. Nah, pastikan anak istirahat teratur setidaknya 6-7 jam sehari. Misal anak tidur jam 8 malam dan bangun subuh, siang ajak anak tidur 30 menit, waktunya bisa sebelum zuhur.

  1. Penuhi Kebutuhan Gizi

Pastikan kebutuhan gizi anak tercukupi. Bunda bisa pelajari kebutuhan nutrisi makro dan mikro. Ini akan jadi acuan mutlak ketika bunda memberikan makan anak. Kebutuhan gizi bisa dihitung dari Karbohidrat 55% sedangkan lemak 33%.

  1. Pemberian susu

Susu yang mengandung protein, kalsum dan aneka kebutuhan tubuh lainnya bisa menunjang peningkatan sistem imun anak. Sekarang juga pastikan anak minum susu, namun ajak anak memilih sendiri agar dia menyukai dari rasa maupun bentuk.

  1. Vitamin

Semua vitamin penting. Mulai A, B, C. Vitamin C kaya akan antioksidan. Dia bisa mencegah komplikasi peradangan pneumonia.

Nah, itulah ringkasan mengenai cara menjaga sistem imun yang bisa kami hadirkan untuk kita semua. Sampai jumpa lagi, ya.