Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok Terbaik, Cepat Panen dan Cocok Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok Terbaik

Ingin tahu cara budidaya ikan lele di kolam tembok agar cepat panen? Bagi kamu yang tertarik bisa langsung cek ulasannya di sini.

Ikan lele merupakan salah satu ikan yang paling banyak diolah di Indonesia saat ini. Hal tersebut tak lain karena jenis ikan ini memang bergizi dan punya nutrisi tinggi.

Alhasil, banyak kalangan yang berminat dengan ikan lele. Oleh karena itu, kamu yang berjiwa bisnis bisa menggunakannya sebagai ajang bisnis terbaik.

Untuk yang ingin bisnis budidaya ikan lele, caranya tidak sulit. Ikuti saja langkah-langkahnya berikut ini :

  • Membuat Kolam

Langkah pertama, tentunya harus membuat kolam terlebih dahulu. Meski memerlukan budget yang agak besar, kolam tembok adalah pilihan yang paling tepat. Pasalnya, lebih awet dan tahan lama.

Sebelum bibit ditebar ke kolam, usahakan menunggu beberapa hari terlebih dahulu agar lumut dan fitoplankton terbentuk di kolam.

  • Pilih benih berkualitas

Setelah kolam tembok berhasil dibuat, kamu juga harus menentukan benih ikan lele yang berkualitas. Berikut ciri bibit ikan lele yang paling bagus :

    1. Jantan: Perut agak ramping, tulang bagian kepala pipih, warna yang lebih gelap, lincah dan kelamin berbentuk runcing.
    2. Betina: Perut yang lebih besar dari punggungnya, kepala cembung, kelamin berbentuk agak bulat dan gerakan lamban.
  • Pengembangbiakan

Berikutnya, siapkan ember yang telah diisi air untuk menampung benih lele sebelum dipindahkan ke kolam. Hal tersebut sangat penting supaya benih lele tidak gampang stres.

Jika sudah siap, letakkan ember yang berisi bibit ikan lele ke kolam pada malam atau pagi hari.  Selanjutnya, tunggu kira-kira 24 jam agar benih lele dapat beradaptasi dengan kolam itu.

  • Pemeliharaan

Selanjutnya adalah pemeliharaan bibit ikan lele yang sudah ditebar sebelumnya. Baik pemberian pakan hingga kebersihan kolam.

Jangan lupa untuk memberikan pakan secara rutin dengan pelet setiap hari agar hasil lele sehat dan gesit.

  • Panen

Setelah berusia 3 bulan, lele sudah bisa dipanen. Biasanya, lele yang sudah siap panen menurut website salamdaridesa.com, bobot lele mencapai 1 kg untuk 4 hingga 5 ekor lele.

Bagaimana, sudah siap untuk budidaya ikan lele? Tentunya, butuh persiapan yang matang sebelum membudidayakan ikan lele.